Merawat Optical Drive


Optikal drive merupakan komponen penting dalam laptop anda. Komponen optik ini bertugas membaca setiap CD/DVD yang anda masukkan, juga berfungsi untuk burning yaitu pemindahan data dari laptop anda ke dalam CD/DVD. Mengingat pentingnya fungsi optik tersebut, maka kita perlu merawatnya agar tidak mengalami kerusakan atau melemah. Melemahnya optik tersebut mengakibatkan proses membaca CD/DVD melambat.


Hal-hal yang dapat menyebabkan melemahnya optik antara lain:
1.Proses menarik CD/DVD dari optical drive setelah selesai digunakan terkadang dapat menyebabkan gesekan pada optik. Jika hal ini sering terjadi maka akan mengakibatkan kerusakan optik. Untuk itu, dalam menarik CD, arah penarikan harus diperhatikan. Penarikan CD dilakukan dengan arah ke atas, bukan dengan menumpunya pada satu sisi.

2.Terlalu sering digunakan untuk membaca CD/DVD, meskipun memang fungsi utamanya untuk hal tersebut, akan tetapi jika pemakaian yang terlalu over dapat juga melemahkan optik.

3.Penggunaan optik untuk membaca CD/DVD yang banyak lecet. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan optik bekerja ekstra keras dalam melakukan pembacaan CD/DVD anda, apalagi jika CD-CD bajakan. Maka dengan itu, sebelum memasukkan CD ke dalam drive, pastikan terlebih dahulu kondisi dalam keadaan bersih.

Dengan perawatan yang baik, maka optik drive anda akan lebih berumur panjang dan terhindar dari kerusakan.
Semoga Bermanfaat..!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

LittLeBee mengatakan...

makasi ya buat tips nya...
bermanfaat bgd...
^0^

Posting Komentar